10 Makanan Enak Khas Semarang

gambar unggulan

Resep Wingko Babat dan Cara Membuatnya, Empuk Serta Legit

Negara Indonesia memang cukup terkenal dengan makanan khas dar nusantara, tidak ketinggalan kota semarang. Kota yang satu ini juga memiliki berbagai jenis makanan khas semarang yang bisa Anda coba.

Ada banyak sekali makanan yang di buat dari ayam, sapi, dan ikah asli dari semarang. Makanan ini juga selain bisa di santap langsung bisa juga Anda jadikan sebagai oleh- oleh. Ini dia beberapa pilihan makanannya:

  • Wingko Babat

Makanan yang pertama ada wingko babat,  makanan yang satu ini memang sering dijadikan oleh- oleh. Rasa makananini adalah manis dan gurih yang cukup khas. Tekstur dari kue ini cukup padat karena terbuat dari tepung beras atau tepung ketang, kelapa muda, dan gula.

  • Tahu Gimbal

Makanan yang satu ini beda dengan ketoprak atau kupat tahu. Tahu gimbal ini memiliki isi udang, lontong, tahu goreng, kol, kecambah, dan kol yang disiamm dengan saus kacang. Sambal kacangnya ini dibumbui dengan bawang putih dan petis udang. Supaya lebih enak Anda bisa memakannya dengan telor ceplok.

  • Babat Gongso

Makanan yang satu ini bahan dasarnya terbuat dari babat dan juga daging sapi. Makanan ini punya rasa gurih dan pedas karena semua bumbunya meresap hingga ked aging.

  • Lumpia Semarang

Makanan yang satu ini sangat terkenal, lumpiah adalah makanan yang isinya berupa daging ayam, telur, rebung, dan udang. Lumpia dari semarang ini di buat dengan perpaduan rasa Indonesia dan tionghoa. Pilihan dari lumpiahnya juga cukup beragam. Makanan ini juga cocok di jadikan oleh- oleh karena ada yang bisa bertahan hingga 10 hari.

  • Tahu Pong

Tahu yang satu ini merupakan makanan khas dari semarang. Tahu ini tahu yang di greng dan tidak ada isinya.rasa dari tahu ini crispy dan juga gurih. Cocok di santap dengan bumbu kecap, acar mentimun, dan bumbu petis.

  • Wedang Tahu

Makanan yang selanjutnya adalah minuman yang bisa di bilang cukup populer di semarang, minuman ini memiliki rasa yang manis dan sangat hangat saat di minum. Minuman ini biasanya di sajikan dalam mangkok kecil dan bisa di nikmati pada siang hari untuk membuat tenggorokan lebih segar.

  • Roti Ganjel Rel

Makanan yang satu ini memiliki warna coklat tua dan pada bagian atasnya ada wijen. Roti ini terbuat adai tepung tapioca, santan, kayu manis, gula, dan air. Roti ini punya tekstur yang cukup keras dan menjadikan kue ini di sebut sebagai bantalan kereta api. Nah itu dia asal mula nama dari kue yang satu ini.

  • Pisang Plenet

Makanan ini merupakan pisang yang di penyet saat di masak, penyet ini artinya di tekan hingga pipih. Saat di sajikan pisan ini bisa diberi tambahan coklat atau keju.

  • Sego Koyor

Makanan yang satu ini merupakan gudeg versi dari semarang. Makanan ini memang beda dari gudeg karena rasanya lebih gurih dan juga pedas. Makanan ini terdiri dari nasi, dan masakan daging sapi. Koyor ini artinya bagian kecil ynag tidak terlalu tebal seperti kikil, atau lutut sapi. Biasanya di ambil dari tulang rawan. Makanan yang satu ini cocok di santap dengan tempe, tahu, telur, atau irisan ayam.

  • Nasi Ayam

Makanan ini bisa mudah Anda temukan di simpang lima semarang. Nasi yang satu ini berisi suwiran ayam, tahu, opor telur, dan sambal goreng labu siam, krecek, dan kuah opor yang bening. Nasi ini juga lebih enak jika di santap dengan ayam bacem, usus, dan sate ati.

10 Makanan Enak Khas Semarang
Kembali ke Atas