Fitur Keamanan di Mercedes Benz Actros 2642

gambar unggulan

Berkenalan dengan Mercedes-Benz Actros 2642

 

Keselamatan dalam berkendara merupakan faktor yang sangat penting bagi siapapun. PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) juga sangat ambisi dalam meluncurkan berbagai unit terbarunya dengan memprioritaskan fitur keselamatan yang lebih canggih.

 

Mercedes-Benz Actros 2642 adalah salah satu bukti keseriusan DCVI dalam mengutamakan accident-free. Actros 2642 yang merupakan truk buatan Jerman ini telah dilengkapi berbagai fitur safety dan inovasi terbaru dan menjadi pionir di segmen kendaraan truk heavy-duty. Kira-kira apa saja fitur safety yang telah disematkan pada unit ini ?

 

Fitur Keamanan di Mercedes-Benz Actros 2642

 

PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) sengaja mengadaptasi fitur keselamatan yang ada pada kendaraan penumpang dibawa menuju ke kendaraan niaga. Sehingga beberapa fitur safety yang ada pada kendaraan penumpang dapat ditemui di Actros 2642. Sistem kelistrikannya juga sudah ditingkatkan untuk bisa tertanam fitur-fitur yang lebih futuristik

  • Mirror Cam, Fitur yang Menambah Visibilitas Pengemudi

 

Mirror Cam terletak di bagian depan atas truk yang sudah terintegrasi dengan kaca spion cembung. Tangkapan gambar dari Mirror Cam ini pun akan ditransmisikan ke dua monitor berukuran 15,2 inci yang dipasang di kedua pilar A kabin pengemudi. Gambar monitor yang dihasilkan tersebut dibagi menjadi area tampilan utama dan area tampilan lebar atau wide, bahkan dapat membantu pengemudi untuk mendapatkan pandangan secara menyeluruh dengan memperlihatkan ujung truk secara jelas dengan gambar beresolusi 720 x 1920 pixel.

 

Fitur Mirror Cam juga dapat memberikan pandangan lebih jelas di malam hari. Sistem akan beralih ke mode night vision saat malam hari, serta memberikan tampilan manuver khusus yang optimal saat putar balik. Ketika hujan, pengemudi juga tidak perlu khawatir karena Mirror Cam yang terletak di luar truk juga sudah dilengkapi dengan fitur heater. Fitur ini membuat kedua kamera yang berada di luar selalu bebas embun, sehingga aman digunakan pada segala kondisi.

  • New Active Brake Assist 5, Fitur Pendeteksi Pejalan Kaki

 

New Active Brake Assist 5 merupakan peningkatan dari Active Brake Assist 4 dengan cara kerjanya yang berdasarkan radar dan sistem kamera. Active Brake Assist 5 dapat merespons ketika ada pejalan kaki yang melintas di depan truk, datang ke arahnya atau di jalur yang sama dengan menerapkan daya pengereman maksimum hingga berhenti 100%. 

 

Hal yang sama berlaku juga untuk pejalan kaki yang berjalan dengan tidak hati-hati seperti fokus dengan gadget di depan kendaraan dan tidak memperhatikan keselamatan dirinya sebagai pejalan kaki, maka kendaraan secara otomatis akan berhenti.

  • Rem Parkir Elektronik Baru dengan Fungsi HOLD

 

Selain Mirror Cam dan Active Brake Assist 5, Actros 2642 juga di sematkan fitur Rem Parkir Elektronik yang dapat meningkatkan keamanan menjadi lebih tinggi. Fitur ini bisa diaktifkan secara otomatis saat mematikan mesin, bisa juga hanya dengan menarik tuasnya saja, atau dengan menekan tombol “P”. Untuk menonaktifkannya pun cukup mudah, yaitu dengan menekan kembali tombol “P”.

 

Fungsi HOLD integral diaktifkan saat kendaraan dalam keadaan diam, cukup dengan menekan pedal rem lebih kuat, misalnya di lampu merah. Saat bergerak di atas bukit, fitur start-off Hill Holder yang terintegrasi dari sistem akan otomatis aktif sehingga dapat memudahkan pengemudi. 

 

Berbagai peningkatan fitur safety yang disematkan pada Mercedes-Benz Actros 2642, diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan di Indonesia, sehingga masyarakat pun akan lebih aman dan nyaman berkendara.

Fitur Keamanan di Mercedes Benz Actros 2642
Kembali ke Atas