Kandungan Skincare Untuk Kulit Kering Yang Harus Kamu Perhatikan

Kandungan Skincare Untuk Kulit Kering Yang Harus Kamu Perhatikan

Kulit kering sendiri adalah kulit yang memiliki lapisan pelindung tipis dan lebih rentan daripada kulit normal atau berminyak. Para pemilik kulit keringa harus memilih skincare yang cocok yang tidak akan memberikan dampak negatif seperti kulit terlihat kusam, bersisik dan mengelupas. Dimana  yang mereka butuhkan adalah skincare yang berkhasiat melembabkan, minimal tidak membuat wajah terlihat semakain kering.

Padahal, kulit harus mempunyai kelembapan yang cukup agar dapat berfungsi dengan baik. Kulit yang lembap jauh lebih elastis, kuat, dan padat. Lapisan teratasnya yang disebut epidermis mampu melindungi jaringan kulit yang berada di bawahnya.  Jika kelembapannya kurang, kulit dapat mengalami dehidrasi. Kondisi ini membuat kulit tampak kemerahan (ruam kulit), lebih kasar, bersisik, dan pecah-pecah. Kulit mungkin juga terasa gatal, nyeri, dan cenderung ketat karena tidak seelastis sebelumnya.

Berikut ini kandungan yang cocok pada skincare untuk kulit kering

  1. Squalane

Minyak squalane memiliki tekstur yang ringan dan mudah terserap ke dalam kulit. Squalane cenderung bisa menembus jauh ke dalam kulit tanpa memerlukan banyak usaha.

Squalane mampu bertindak sebagai pelembab yang sangat baik, melembutkan kulit, menghidrasi, membuat kulit menjadi montok, dan mengurangi tingkat penuaan dini.

  1. Glycerin

Banyak produk pelembab dan face cleanser yang salah satu komponen utamanya adalah glycerin.  Glycerin mampu menjebak sekaligus menarik lebih banyak kelembaban pada kulit.

  1. Aloe vera

Aloe vera atau lidah buaya memiliki antioksidan yang tergolong tinggi dan mampu menembus jauh ke dalam kulit untuk mengisi kembali kelembaban yang hilang, meningkatkan pembentukan kolagen, dan mencegah penuaan dini.

Aloe vera juga memiliki kemampuan untuk menenangkan dan menyembuhkan kulit terbakar, membantu membersihkan jerawat, dan menenangkan kulit yang iritasi.

Untuk kamu yang ingin menyamarkan semua noda yang menempel pada kulit, kamu bisa menggunakan produk berbahan aloe vera atau aloe vera gel secara teratur setiap malam.

  1. Ceramide

Ceramide terkenal dengan kemampuannya dalam hal mencegah hilangnya kelembaban, mengurangi kekeringan, dan meningkatkan kekenyalan kulit. Bahan ini akan membentuk lapisan pelindung terhadap stres lingkungan yang bisa merusak kulit.

Tak sampai di situ, ceramide juga mampu mempertahankan hidrasi dan kelembaban pada kulit serta membantu mencerahkan kulit yang kusam.

  1. Hyaluronic acid

Walaupun hyaluronic acid bisa ditemukan di dalam tubuh kita, namun produksi hyaluronic acid akan semakin menurun seiring bertambahnya usia. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan booster hyaluronic acid yang bisa diperoleh dari produk skincare.

Hyaluronic acid akan mencegah hilangnya kelembaban dan memberikan hidrasi pada saat yang bersamaan. Tak hanya membuat kulit menjadi super lembut, bahan ini juga mampu membuat kulit terasa halus dan montok.

  1. Lactic acid

Termasuk dalam kategori AHA, lactic acid memiliki kemampuan untuk mengeksfoliasi kulit dengan lembut sehingga akan membuat kulit menjadi lebih bersih dan bercahaya tanpa membuatnya kering.

Meskipun lactic acid lebih populer sebagai exfoliant, namun bahan ini tetap bisa berfungsi sebagai pelembab dan membersihkan kulit kusam apabila digunakan secara teratur.

Kandungan Skincare Untuk Kulit Kering Yang Harus Kamu Perhatikan
Kembali ke Atas